New Year, New ...

New year new me!

          Setiap perayaan tahun baru selalu berarti bagi gue. mungkin sebagian orang mikir, "apaan sih ga penting banget." mungkin rada ga penting, cuma pertanda Bumi udah sekali mengelilingi Matahari kok. Tapi bagi gue ini sangat penting, bukan karena perayaannya tapi karena momennya. Ibaratnya tahun baru sama aja kayak perayaan hari ibu mungkin (karena orang inget ibu biasanya cuma hari ibu sama hari ulang tahun ibunya, biasanya), tapi ini perayaan buat gue sendiri biar gue lebih mengenal diri gue. Gue pribadi mengganggap momen ini setara dengan hari ulang tahun gue sendiri karena dengan adanya momen ini gue bisa mengevaluasi diri gue setahun belakangan. 

          Mulai muncul kontroversi pasti. Banyak yang berpikir, "halah evaluasi diri bisa kapan aja kok. ga mesti tahun baru, new year new me apalah. kalo mau jadi lebih baik lakuin dari sekarang." I think, evaluasi diri itu sesuatu yang sangaaat penting karena ini menyangkut apa yang sudah dan apa yang akan dikerjakan di masa sebelum dan masa mendatang. Udah beberapa tahun belakangan ini gue selalu nulis semua resolusi gue tiap tahun pada buku yang sama. Buku itu cuma akan gue buka saat tahun baru, selebihnya gue biarin tertutup. Saat tahun baru tiba, pastinya gue akan buka dan liat mimpi apa aja yang udah terwujud selama setahun ini. 

          Banyak orang yang ngerasa "kok gue gaada progress ya setahun ini". Dulu gue merasa kayak gitu. Gue ga sadar apa aja yang udah apa yang gue hasilin dari apa yang gue impiin (sambil dikerjain). Setelah gue tulis semuanya, gue sadar kalo gue punya progress setiap tahunnya dan ini bikin motivasi diri gue dan bikin gue bersyukur. Apalagi bisa ngeliat progress beberapa tahun belakangan dan bisa sampe sekarang, rasanya bahagia banget.

          Jadi setiap orang punya caranya masing-masing untuk evaluasi diri. Mungkin ada orang yang baru mau memantapkan diri saat tahun baru karena lagi momennya "new year new me". Biarin aja, let it flow. Karena hal itu gak akan ganggu hidup kalian juga. Jangan pernah jatuhin niat seseorang dengan "lo bisa ngerubah diri lo kapan aja kalo ada niat baik gausah mesti tahun baru. tahun baru haram, bid'ah, lalala." Iya bener kok, bisa kapan aja. But, sometimes people need the right times for the right things. Semua ada waktunya sampe orang itu siap merubah dirinya menjadi lebih baik. Kalo tahun baru adalah waktunya, kenapa ga kita dukung? Lagi pula dukung orang untuk jadi lebih baik juga merupakan kebaikan, iya gak? :)

2 Jan'18, ditemani dinginnya malam dan hangatnya pikiran
-nnd

Komentar

Postingan Populer