Be Honest or Keep Quiet?



Apa candu yang paling bahaya selain narkoba dan rokok?

Ghibah.

Jadi gue mau share sedikit pengalaman.


                 Dulu waktu SMP gue pernah ngomongin temen gue sama temen gue yang lainnya, kita tuh sependapat kesel sama kakaknya dia. Suatu waktu, pas banget lagi giliran gue ngomongin tentang kakaknya, tiba-tiba dia lewat. BYAR! Gue ngerasa bersalah banget, abis itu gue ajak dia gabung sama temen gue yang lain abis itu gue jujur sama dia kalo gue dan temen-temen yang lain ga suka sama sikap kakak dia. Nah semenjak itu gue anti banget ghibah ini orang. Kalo gue kesel sama orang, gue bilang langsung, gue gak suka gue bilang langsung. Kalo temen-temen gue ngomongin orang lain paling gue cuma dengerin gak gue timpalin.
                 Tapi ini disini gue bingung, kalo kalian ngomongin orang di belakang dosa, bisa jadi fitnah juga. Kalo kalian ngomong langsung, dia bisa tersinggung, kalo gue diemin dia akan bingung sama sikap aneh gue ke dia.
                 Gue pernah ngomong langsung ke temen gue kalo gue kesel sama dia. "M, gue kesel sama lo" itu yang gue samperin di chat. Dia itu temen baik gue, temen gila-gilaan gue waktu di SMA. Dia bingung sama gue akhirnya malah merasa bersalah. Huft.
                 Adalagi, ada satu guru yang gak disukai sama temen-temen gue waktu SMA, sebut saja Bu N. Bu N ini bisa terbilang killer, tapi gue ga anggap dia killer gue anggap tegas. One day, gue jadi kesel sama dia, gue lupa gara-gara apa. Tapi gue masih dengan prinsip gue gamau omongin orang dibelakang, jadilah waktu halal bi halal gue bilang langsung ke dia kalo gue pernah kesel sama dia. Dan apa yang terjadi? Nilai gue yang almost perfect sama dia malah jatoh. Padahal nilai gue semester itu meningkat dibanding semester sebelumnya. AMBYAR.
              Semakin waktu berlalu, semua banyak berubah. Gue susah lagi megang prinsip itu karena lingkungan gue yang udah mulai toxic parah. Temen-temen gue yang tiap detik ngomongin orang lain buat gue terpaksa ngomongin orang biar gue punya bahan obrolan. As you know, itu malah jadi candu dan susah diberhentiin. Gue masih dengan 'prinsip gue kesel gue bilang' tapi hanya untuk beberapa orang. Biasanya sih cuma berlaku untuk beberapa temen gue yang lumayan keras kepala. Dan gue bingung banget nyampein ketidaksukaan gue terhadap orang-orang yang agak sensitif. Kalo gue bilang, dia akan sakit hati yang terparah nangis. Ujung-ujungnya gue malah curhat ke temen deketnya gue dan malah jadi bahan omongan lagi. Some people will says, gak usah dipaksain bohong untuk kebaikan itu gapapa. Tapi menurut gue, yang namanya bohong tetep aja bohong. Gaada yang namanya bohong untuk kebaikan. Yang salah itu yang dibiasakan bohong dengan alasan untuk kebaikan. Seseorang tolong aku harus bagaimana?


Komentar

Postingan Populer